default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pantai Ponjuk Jepaet, Destinasi Wisata Tersembunyi di Pulau Talango Sumenep

Pantai Ponjuk Jepaet, Destinasi Wisata Tersembunyi di Pulau Talango Sumenep
Wisata
Pantai Ponjuk Jepaet yang berada di Desa Kombang, Talango Sumenep

SUMENEP - Pantai Ponjuk Timur merupakan salah satu dari dua pantai yang indah di Pulau Talango yang berada di ujung Timur. Tempat ini berada di desa  Kombang Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pantai yang sering disebut Ponjuk Jepaet memiliki panorama sangat indah. disana kita akan disuguhkan dengan laut luas serta bongkahan batu-batu yang seperti bekas reruntuhan kerajaan. 

Tidak ada pasir di pantai ponjuk timur ini. Sepanjang pantainya dipenuhi oleh batu-batu besar. Namun deburan ombak di pantai Ponjuk Jepaet ini membuat tenang pengunjung.

“Berbeda dengan pantai lain kalau disini, meski menikmati pantai tapi kita tidak disuguhkan pemandangan pasir seperti yang lainnya, tapi batu yang serupa reruntuhan kerajaan,” jelas salah satu pengunjung yang bernama Ismail.

Pohon siwalan yang berjejeran di pinggir pantai. Dan juga hiasan tebing yang tidak terlalu tinggi. Menambah eksotika pantai yang berada di ujung timur pulau Talango tersebut.

Dari atas tebing pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang eksotik. Hamparan laut luar serta pulau Gili Labak yang terlihat samar-samar. Apalgi menikmati pantai ponjuk Jepaet saat sunrise semakin menambah nilai keindahan dan kecantikan pantai panjuk Jepaet.

Di pantai ponjuk Japaet ada asta yang diyakini oleh masyarakat sekitar adalah Ibhu Koneng (Ratu Zahara). Masyarakat yakin ia masih merupakan keturunan dari keluarga Keraton Sumenep. Dan yang sebelah utara makam Roto Jimat. Pasalnya orang yang disebut rato jimat karena selama hidupnya memiliki banyak jimat. 

Di sekitar Ponjuk timur ada asta Majapahit yang diyakini sebagai salah seorang pejuang, yaitu Kia Agung Abdurrahman atau pangeran Tirto yang terletak di pintu masuk menuju pantai ponjuk.


Kontributor : Hairul
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar