default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Tips Penggunaan dan Perawatan Riding Gear Agar Terhindar dari Bakteri dan Virus

Tips Penggunaan dan Perawatan Riding Gear Agar Terhindar dari Bakteri dan Virus
Otomotif
Tips Penggunaan dan Perawatan Riding Gear Agar Terhindar dari Bakteri dan Virus

SURABAYA,- Berbagai macam kondisi jalanan yang dilalui pada waktu berkendara seperti kota besar yang berdebu dan berpolusi bisa membuat kuman dan bakteri menempel pada perlengkapan berkendara.  .

Saat berkendara tentunya wajib menggunakan  riding gear sebagai syarat mutlak pengendara sepeda motor agar terhindar dari resiko yang fatal apabila terjadi kecelakaan. Riding gear yang wajib dipakai antaranya Helm, Sarung tangan, Jaket, Celana panjang dan bersepatu.

Untuk itu Instruktur Safety Riding MPM memberikan tips merawat riding gear agar tetap aman terhindar dari bakteri maupun virus.

1. Helm :  
Setelah digunakan, jemur helm atau diangin- anginkan terlebih dahulu sebab bisa jadi helm sedikit basah karena keringat juga bisa menghilangkan bau tidak sedap. Taruhlah helm pada tempat yang kering. Jangan lupa untuk mencuci helm 2-3 hari sekali. Ganti helm apabila lapisan busa dalamnya sudah kempes

2. Jaket 
Jangan gantung  jaket yang telah selesai digunakan bersama dengan baju yang lain. Segera ganti jaket apabila dalam pemakaian yang lama. Bersihkan jaket dengan cara dijemur atau pun dicuci langsung agar kuman kuman yang menempel di jaket bisa segera hilang dan jaket bisa bersih kembali.

3. Sarung tangan 
Simpan sarung tangan di tempat yang kering. Jemur sarung tangan apabila basah dan Cuci secara berkala.

4. Celana panjang.
Celana yang digunakan untuk berkendara lebih baik yang menutup lutut. Ganti celana panjang setelah pemakaian sehari.

5. Sepatu 
Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman dan menutup mata kaki agar perlindungan menjadi maksimal. Taruh sepatu di luar rumah setelah digunakan beraktifitas. Cuci sepatu atau bisa juga dijemur. Begitu juga dengan kaos kaki sebaiknya ganti kaos kaki setiap hari.

6. Masker 
Sebaiknya gunakan masker sekali pakai atau pakai yang jenis balaclava dan jangan lupa untuk dicuci sehabis digunakan. Masker tidak wajib digunakan dalam berkendara, tetapi kalau dilihat dari fungsi masker yang bisa melindungi dari paparan debu atau virus yang masuk melalui hidung dan mulut sebaiknya masker digunakan.


" Bersihkan riding gear yang telah selesai digunakan untuk beraktivitas dan segera ganti apabila sudah tidak layak digunakan, agar terhindar dari virus , kuman ataupun jamur.  #Cari_Aman bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan, " kata Yudistira Ardi selaku Instruktur Safety Riding MPM


Kontributor : Romin Iswanto
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar