default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Komisi IV DPRD Trenggalek : Pemkab Siapkan 18 Milyar Untuk Penanganan Covid 19

Komisi IV DPRD Trenggalek : Pemkab Siapkan 18 Milyar Untuk Penanganan Covid 19
Ekonomi
Komisi IV DPRD Trenggalek : Pemkab Siapkan 18 Milyar Untuk Penanganan Covid 19

TRENGGALEK,- Imbas dari covid 19, dua ribu lebih pedagang di kabupaten Trenggalek mengalami penurunan pendapatan, hal tersebut disampaikan oleh Joko Irianto, sekretaris daerah (sekda), saat rapat kerja dengan komisi 4 DPRD Trenggalek, Selasa (7/4).

Atas kejadian tersebut, kita mendorong mereka untuk kerja sama dengan Blojek. Selain itu pemerintah  juga memberikan bantuan, dalam bentuk kartu yang nilainya 150.000,-

Dengan rincian seratus ribu dalam bentuk uang, dan lima puluh ribu dalam bentuk beras, ini, untuk tahap pertama.

Dengan harapan, masyarakat yang terdampak, kebutuhan pangannya sudah ada.

Selanjutnya tahap awal ini kita evaluasi, walaupun belum sempurna, tetapi kita terus melangkah   ke depan, untuk mengatasi masalah ekonomi di masyarakat.

Bilamana ini dilakukan sesuai perintah dari Mendagri kata Joko, ini akan dilakukan sampai dengaj bulan oktober mendatang.

Dengan kebutuhan anggaran kurang lebih100 milyar, ini untuk penanganan convid 19 saja.

Anggaran sebesar itu diambilkan dari pemangkasan anggaran diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD), baik itu anggaran rutin, seperti biaya perjalanan dinas, ATK,  juga proyek fisik yang tidak mendesak, kita ambil termasuk dana DID, DAK, DAU semua kita pangkas.

Sementara itu Mugianto Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek mengatakan, masalah anggaran tahap pertama ini kita siapkan 18 milyar, untuk kebutuhan dua bulan pertama.

“Dan ini diperkirakan sampai dengan bulan oktober mendatang,  sudah kita siapkan anggaran kurang lebih 100 milyar  dari dana APBD. Jadi Trenggalek betul betul sangat  serius menanggani covid 19," kata Mugianto.

Lebih lanjut, Mugianto pun juga menyampaikan skenario paling buruk, tetapi mudah mudahan tidak terjadi, sudah disiapkan oleh rumah sakit dan dinas kesehatan, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit tempat untuk pasien covid 19.

Tetapi ini jangan sampai terjadi harapan saya, virus corona segera pergi, dan  masyarakat Trenggalek tetap sehat, dan kembali beraktifitas seperti semula," pungkasnya. (Tatang)
Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek saat wawancara dengan awak media


Kontributor : Tatang
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar