default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Antisipasi Banjir Kiriman di Situbondo, Ini yang Dilakukan Babinsa Bersama Warga Wonorejo

Antisipasi Banjir Kiriman di Situbondo, Ini yang Dilakukan Babinsa Bersama Warga Wonorejo
Sosial
Babinsa 0823/08 bersama juru pengairan bajulmati saat pantau debit air.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO - Intensitas hujan yang semakin tinggi di wilayah hutan baluran, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ini yanga dilakukan Babinsa 0823 / 08 bersama pemerintah desa dan juru pengairan dam bajulmati untuk meminimalisir datangnya bencana banjir, Minggu (16/2/2020).

Serka Rudiyantono Babinsa 0823/08 Desa Wonorejo bersama pemerintah desa, relawan kampung tanggap bencana, tim pengairan sungai Bajulmati, unsur masyarakat juga pemuda karang taruna Gema wonorejo, mengajak masyarakat agar antisipasi sejak dini agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam terutama banjir, seperti yang pernah terjadi di tahun sebelumnya.

"Wilayah bantaran sungai Desa Wonorejo memang sering kali berdampak peningkatan luapan air kiriman dari hutan baluran, dan sebelah timur lereng gunung Ijen, tepatnya wilayah Pringgondani pasewaran, Maelang yang berada di kabupaten tetangga. Mengingat tahun kemarin luapan dari bantaran sungai tersebut selain ke area pertanian juga merendam rumah penduduk sekitar aliran sungai tersebut,"ucap Babinsa Serka Rudiyantono.

Lebih lanjut Babinsa mengatakan, sebagai pembina desa pihaknya selalu sigap dan siaga untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang kembali.

"Setiap saat kami bersama pemerintah desa dan juru air dam tersebut, selalu mengecek dan berkerja sama dengan masyarakat untuk menginformasikan debit air dari hulu seperti di waduk bajulmati yang alirannya menuju desa ini,"tuturnya.

Rudi menambahkan," kami akan selalu memantau kemungkinan terjadinya banjir serta menghimbau kepada warga agar selalu siap siaga apabila terjadi bencana banjir. Pola pantau diberlakukan pukul 08.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB sistem gantian setiap harinya, apalagi di musim hujan yang intensitas tinggi, kami bersama personil dan relawan siap siaga 24 jam,"imbuhnya.

Puput selaku juru pengairan Dam Bajulmati Situbondo - Banyuwangi juga menjelaskan, pengecekan kondisi ketinggian debit air di pintu air dam atau waduk bajulmati tersebut bertujuan sebagai langkah antisipasi bencana banjir kiriman akibat curah hujan yang tinggi di kawasan hulu sungai.

“Hari ini meskipun hujan deras debit air di pintu air dam dan waduk masih dalam batas normal dan pengecekan akan dilakukan secara rutin untuk memastikan debit air aman sampai ke hilir," terangnya.

Pantauan suarajatimpost.com dilokasi, warga setempat tampak merespon positif kegiatan yang dilakukan Babinsa, pemerintah desa, juru pengairan dam bajulmati bersama pemuda dan tokoh masyarakat, mereka memberikan apresiasi atas kekompakan, kerukunan dan kepeduliannya. 


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar