default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Marak Galian C di Kabupaten Pamekasan, Dinas ESDM Jawa Timur Akan Turun Tangan

Marak Galian C di Kabupaten Pamekasan, Dinas ESDM Jawa Timur Akan Turun Tangan
Peristiwa Daerah
Galian C di Kabupaten Pamekasan.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SURABAYA, - Maraknya usaha pertambangan (ilegal mining) di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Dalam waktu dekat Dinas (ESDM) Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Jawa Timur, akan melakukan tindakan

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit, menjelaskan bahwa apa yang terjadi di Kabupaten Pemekasan banyak aktivitas galian C, Namun tidak mempunyai izin usaha pertambangan (IUP), Dinas ESDM Jawa Timur akan segera berkoordinasi dengan Kepolisian dan penegak perda Kabupaten Pamekasan.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan Polri dan Kasatpol PP untuk memberikan penjelasan bahwa ilegal mining dapat ditindak, berdasarkan UU No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup," jelas Kadis ESDM Jawa Timur pada suarajatimpost.com. Kamis (13/2/2020) malam.

Ditegaskan Setiajit, pria yang biasa cangkruk'an untuk berdiskusi dengan pemuda dan tokoh agama juga masyarakat ini, selain daripada itu ada peraturan bahwa Pemerintah Daerah (Pemkab) punya kewenangan untuk menindak galian C yang tidak berizin.

"Di UU No 4 tahun 2009, Pemkab punya kewenangan menindak. lebih-lebih Polri kewenangan penuh, karena ilegal mining merupakan tindak pidana lingkungan, pertambangan dan bisa dikatakan merugikan negara," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, ada sebanyak 350 titik galian C ilegal yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan terus beroperasi.

Hal itu diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir. Menurutnya, meski galian C terus beroperasi, pemerintah daerah tidak bisa menindaknya. Sebab, kebijakan penindakan berada ditangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Sebanyak itu yang berizin hanya satu. Dan kebijakan penindakan ada di Provinsi Jawa Timur," kata Amin Jabir.

Dari 90 persen lokasi galian C yang tersebar di Pamekasan adalah milik perseorangan dan 10 persen lainnya milik perusahaan.


Kontributor : Hariyanto
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar