default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pemkab Jombang Raih Penghargaan Peduli HAM

Pemkab Jombang Raih Penghargaan Peduli HAM
Birokrasi
Bupati Jombang saat menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JOMBANG, - Bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Ke 71 tahun 2019 dengan tema "Pelayanan Publik Yang Berkeadilan", Pemkab Jombang raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Penghargaan diterima oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, di Gedung Merdeka Bandung.

Penghargaan diserahkan  oleh Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI Mualimin Abdi yang disaksikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, yang juga disaksikan oleh Menko Politik, Hukum dan HAM, Mafud MD

“Alhamdulillah, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Jombang selalu menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Pemerintah Pusat,  kita telah dinilai memberikan pelayaan publik yang berkeadilan," tutur Bupati Jombang. Selasa (10/12/2019).


Penilaian Kabupaten/ kota Peduli HAM ini dilakukan sejak tahun 2013. Dan ini adalah penghargaan kesekian kalinya yang diterima Kabupaten Jombang sebagai Kabupaten Peduli HAM. Sebelumnya Jombang juga mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2014, 2015, 2017 dan 2018.


Pemerintah Kabupaten Jombang dianggap memenuhi 83 indikator yang harus dipenuhi dalam pelayanan pemerintah daerah untuk mendorong pemenuhan hak dasar warga. Dasar penilaian kabupaten/kota peduli HAM adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 25 Tahun 2013 tentang perubahan atas Permenkumham nomor 11 Tahun 2013 tentang kriteria Kabupaten/kota peduli HAM.


Indikator penilaian kabupaten peduli HAM ada 83 indikator dari 7 kriteria sebagaimana tercantum dalam Permenkumham No 34 tahun 2016 yaitu hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak.

 

“Terima kasih kepada semua pihak, seluruh perangkat daerah, masyarakat, stake holder yang telah peduli HAM, baik hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, serta lingkungan yang berkelanjutan. Utamanya untuk pemenuhan program kegiatan berbasis HAM," tutur Bupati Jombang.

Untuk itu, Bupati Mundjidah Wahab berharap dengan diterimanya penghargaan tersebut akan semakin memperkuat komitmen Pemkab Jombang , melalui OPD dalam menajamkan program kegiatan berbasis HAM. 

“Semoga apresiasi dari Pemerintah Pusat ini menajdi semangat sekaligus motivasi Pemkab Jombang dalam menajamkan program kegiatan berbasis HAM," pungkasnya. 

Sumber : Humpro Jombang


Kontributor : Hariyanto
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar