default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Peringati HSN ke 5, Hadrah Al Banjari se-Jawa Timur Datang ke Probolinggo

Peringati HSN ke 5, Hadrah Al Banjari se-Jawa Timur Datang ke Probolinggo
Peristiwa Daerah
Saat acara peserta menampilkan Banjari di Panggung
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PROBOLINGGO, - Festival Hadrah Al Banjari tinggkat Provinsi Jawa Timur di gelar  di Pondok Pesantren (PP) Syech Abdul Qodir Al Jailani (SAQA) Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan  dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN). Minggu (20/10/2019) kemarin.

Festival Hadrah Al-Banjari ini diikuti oleh 47 grup yang masing-masing grup diisi 10 orang, terdiri dari 5 orang pemukul serta 5 orang vocal dan backing vocal. Selain dari Kabupaten dan Kota Probolinggo, mereka berasal dari Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Malang, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso dan Kediri.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 24.00 WIB. Grup Al-Banjari PP Zainul Hasan (Zaha) Genggong Kecamatan Pajarakan tampil sebagai peserta pertama dalam festival musik hadrah tersebut.

Puluhan grup Al Banjari ini akan dinilai berdasarkan kriteria penilaian meliputi musik, adab dan syair serta vocal oleh 3 (tiga) orang dewan juri terdiri dari M. Rizal Musabbah, Ust. Syuaib Efendi dan Ust. M. Imron Hamid. Serta dewan juri Ari Wiseto yang bertugas sebagai juri best jingle.

Sekretaris Biro Pendidikan Syekh Abdul Qodir Al Jailani Barokah yang juga salah satu penanggungjawab HSN PP SAQA Zainul Hasan mengungkapkan Festival Hadrah Al-Banjari se-Jawa Timur ini dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 Tahun 2019.

“Tujuannya sebagai syiar seni religi, syiar untuk gemar dan cinta sholawat serta menciptakan kader-kader group hadrah yang berpotensi,” katanya.

Dari Festival Hadrah Al Banjari se-Jawa Timur ini terang Zainul Hasan, nantinya akan diambil juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2 dan harapan 3 serta Best Jinggle. Masing-masing akan mendapatkan tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

“Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kadar kecintaan pemuda dan pemudi pada Rasulullah SAW, mampu menjaga eksistensi dan marwah seni Hadrah Al Banjari sebagai ciri khas pesantren serta menciptakan ajang kompetisi positif dalam meningkatkan kualitas kelompok,” harapnya.

Menurut Zainul Hasan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari PP SAQA Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan setiap tahun dalam memyambut dan memperingati HSN. Hanya saja untuk level tingkat Jawa Timur baru kali ini dilaksanakan. Sebab sebelumnya hanya tingkat Kabupaten Probolinggo saja.

“Festival Hadrah Al Banjari ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Santri Nasional ke-4 Tahun 2019. Nantinya juga akan dilaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional serta pawai santri,” ungkapnya.


Kontributor : Ubaidillah
Editor : Hariyanto
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar