default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Korupsi DD Tahun 2016, Mantan Kades Bojonegoro Ditangkap Polisi

Korupsi DD Tahun 2016, Mantan Kades Bojonegoro Ditangkap Polisi
Peristiwa Daerah
Kapolres Bojonegoro saat konferensi pers soal korupsi dana desa (DD).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BOJONEGORO, - Polres Bojonegoro mulai tidak main main dalam penindakan pidana Korupsi (Tipidkor) yang ada di Bojonegoro, dari laporan masyarakat maupun dari Koordinasi dengan Pemkab Bojonegoro. 

Seperti yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa Pragelan, Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro Totok Sudarminto (TS) dilaporkan warganya terkait dugaan korupsi Dana Desa (DD) Tahun 2016 akhirnya Kepolisian berhasil menangkap mantan kades tersebut.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ari Fadli, bahwa ditangkapnya pelaku Korupsi yang disengaja yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa berinisial TS (55), modusnya TS telah mengambil alih kuwenangan dalam pengelolaan keuangan yang seharusnya menjadi kuwenangan bendahara desa.

"Kemudian melakukan atau menggunakan keuangan yang ada,  tidak sesuai dengan rencana kegiatan yang dibuat dan disahkan oleh kecamatan," ujarnya saat konferensi pers. Kamis (12/9/2019).

Masih menurut Ari, dalam hal ini anggotanya melakukan penyelidikan dari hasil penyidikan TS telah melakukan kerugian negara dengan sengaja (Korupsi) sebesar Rp 165.380.000 lebih.

"Saat ini tersangka sudah kita tahan dan kasusnya akan segera kita limpahkan ke kejaksaan karena sudah dinyatakan lengkap dan P 21," terangnya.

Selain menahan tersangka, juga mengamankan barang bukti beberapa dokumen serta sejumlah uang hasil dugaan korupsi yang disita dari tersangka yakni sesuai dengan kerugian Negara.

"Ada beberapa item kegiatan termasuk mungkin, pembangunan yang sudah masuk dalam kegiatan Desa yang sudah disahkan oleh Kecamatan tidak dilaksanakan oleh yang bersangkutan," ucap Kapolres.

Akibat perbuatannya tersangka TS  diancam hukuman pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Selain mengamankan satu kades, Ary Fadli, menegaskan ada beberapa desa dan Kades yang juga siap dipanggil dan diperiksa.

"Ada beberapa desa dan kades yang juga siap dipangil," pungkas Kapolres Bojonegoro.


Kontributor : Mustakim
Editor : Hariyanto
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar