Jumat, 29 September 2023
Pilpres

Deklarasi Anies Cak Imin Dihadiri Elit Partai dan Kiai

profile
Ryan Ramadhan

02 September 2023 13:57

2.1k dilihat
Deklarasi Anies Cak Imin Dihadiri Elit Partai dan Kiai
Gus Coy saat ditanyai mengenai deklarasi Amin (Ryan/SJP)

Surabaya, SJP - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sabtu (2/9/2023) siang ini merencanakan deklarasi duet pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit, Surabaya.

Kondisi Hotel Majapahit pada Sabtu, 2 September 2023 saat ini sudah dipenuhi banner deklarasi Anies-Cak Imin di sepanjang lorong di area taman hingga ruang Balai Adika Hotel Majapahit

Deklarasi direncanakan akan dihadiri oleh berbagai elite dari tiga partai pengusung yakni PKB, NasDem dan juga PKS. Puluhan ulama dan Kiai juga dikabarkan akan ikut hadir dalam acara deklarasi Anies-Cak Imin.

Deklarasi dijadwalkan akan dimulai Sabtu siang pukul 14.00 di Balai Adika, Hotel Majapahit. Saat berita ini ditayangkan, area Hotel Majapahit sudah dipenuhi l tokoh PKB, NasDem, Tim Kemenangan Anies, kepolisian hingga awak media.

"Acara ini sudah pasti mengenai deklarasi, bisa dilihat panggungnya ada tulisan deklarasi Capres Cawapres Anies Muhaimin kan," jelas Effendi Choirie atau Gus Coy, selaku Ketua Bapilu DPP Partai Nasdem saat ditanyai detail acara pada hari ini.

Gus Coy juga menambahkan bahwa kondisi koalisi cair dan jangan dibuat seperti ada bentrokan dalam koalisi. Gus Coy menjelaskan juga bahwa adanya perpecahan suara dalam partai adalah hal yang wajar.

"Di Indonesia tidak ada ideologi yang berbeda. Yang berbeda cuma karakter masing-masing. Jadi perbedaan pendapat itu wajar dan figur-figur juga sudah cair semua," ungkap Gus Coy.

Saat ditanya awak media mengenai hasil survei Cak Imin yang kecil, Gus Coy menampik. Dia menjelaskan bahwa sesuatu tidak selalu terpaku dari hasil survei, tapi menurut ilmu terkait ada sisi lain yang disebut dengan potensi.

Gus Coy juga mengingatkan kembali bahwa Cak Imin adalah figur NU sekaligus ketua partai. Besarnya suara NU di Jawa akan membantu suara Anies yang dalam konteks Pilpres lemah di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Meski sebelumnya ada pendekatan dengan AHY (Demokrat), suara di Partai NasDem sejak dulu komitmen harus diikhtiarkan dari NU." tegas Gus Coy kepada awak media.

Gus Coy tidak khawatir adanya perpecahan suara terutama dari kelompok Gusdurian. Gus Coy beranggapan bahwa suara di NU memang variatif dan itu wajar.

Adapun Maman Imanul Haq selaku Wasek Dewan Syuro DPP PKB ikut menjelaskan bahwa seluruh jajaran PKB sudah all out untuk mensosialisasikan pasangan ini dengan sebutan Amin, Anies Muhaimin.

"Dari sisi geografis kita tahu Pak Anies kuat di Jawa barat namun lemah di Jawa Tengah dan Timur. Prabowo tidak pernah menang (Pilpres) juga karena tidak menarik suara Jawa Timur. Dan dengan kehadiran Cak Imin sebagai wakil Anies, permasalahan itu sudah diselesaikan." tutup Maman.(*)

Pewarta: Ryan Ramadhan

Editor: Noordin

Tags
Anda Sedang Membaca:

Deklarasi Anies Cak Imin Dihadiri Elit Partai dan Kiai

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT