SUARA JATIM POST
Banner

Begini Fakta Dibalik Video Pembongkaran Makam di Jember yang Viral

JEMBER – Polisi membenarkan video pembongkaran makam yang dilakukan mertua yang viral beredar di media sosial berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember.

 

"Iya, benar di desa Gelang. Peristiwanya terjadi sekitar tiga hari yang lalu," kata Kanitreskrim Polsek Sumberbaru Aiptu Yudi Susanto, Jumat (23/10/2020) petang.

 

Mengenai permasalahan yang melatarbelakangi pembongkaran tersebut, dia belum bisa menjelaskan secara detail. Sebab petugas masih mendatangi lokasi dimana hal itu terjadi lebih jelasnya.

 

"Bhabinkambtibmas masih ke lokasi. Nanti kita kabari lagi," kata pria yang disapa Santo.

 

Sementara itu, Keponakan almarhum bernama Umar meluruskan informasi yang beredar mengenai pembongkaran makam karena ada persoalan antara almarhum Pak Khotija dengan Pak Seman, yang notabene masih sepupu almarhum Pak Khotija.

 

"Tidak benar itu informasi di IWJ (grup medsos Info Warga Jember New). Yang sebenarnya pembongkaran itu berawal dari mimpi Adik Ipar Jenazah yakni Khotimah," kata Keponakan Almarhum Pak Khotija, Umar saat ditemui di rumah Sekdes Desa Gelang, Jumat (23/10/2020) .

 

Umar mengisahkan, adanya pembongkaran itu berawal pada peringatan 100 hari meninggalnya Pak Khotija. Pada malam hari setelah tahlilan, Khotimah yang juga seorang Guru Ngaji di desa setempat bermimpi didatangi almarhum dan meminta agar jenazahnya diperbarui.

 

"Mimpi itupun berulang kali, bahkan selama seminggi hampir setiap hari mimpi yang sama. Kemudian hal itu disampaikan kepada keluarga. Disepakati kemudian makam almarhum di kijing (dibangun dengan dengan rapi menggunakan marmer bagian atas makam)," jelasnya.

 

Sebelumnya sebuah video viral berdurasi satu menit diunggah pertama kali oleh akun Ari Rembzet di grup Info Warga Jember Baru. Pada video tersebut dinarasikan ada pembongkaran sebuah makam milik Khotija, makam tersebut dibongkar setelah sang mertua Pak Seman mengalami masalah pribadi dengan almarhum.

Apa Reaksi Anda?