SUARA JATIM POST
Banner

Tak Patuh Protokol Kesehatan, Denda 150 Ribu atau Kurungan Penjara Menanti

SIDOARJO - Operasi gabungan penertiban penggunaan masker dilakukan Pemkab Sidoarjo bersama Polresta Sidoarjo. Sanksi berupa kurungan penjara selama 3 hari atau denda sebesar 150 ribu akan diberikan kepada para pelanggar pengguna kendaraan bermotor. Senin (14/9/2020).

"Operasi masker kali ini untuk mengimplementasikan Perda Provinsi Jawa Timur nomer 2 tahun 2020 tentang Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat", ujar Plh. Bupati Achmad Zaini, kepada awak media.

Selain itu, Perda ini memuat sanksi administratif bagi pelanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Maksimal denda Rp. 500 ribu bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

"Pemberian sanksi kali ini akan dilakukan sidang ditempat secara langsung oleh pihak Pengadilan Negeri Sidoarjo dengan memberikan denda Rp. 150 ribu atau subsider 3 hari kurungan penjara,"terangnya.

Disamping itu, meskipun saat ini Kabupaten Sidoarjo masih dalam Zona Orange, upaya menghentikan pandemi Covid-19 akan terus dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo. Mengingat, saat ini angka kesembuhan di Wilayah Sidoarjo meningkat dan penyebaran Covid-19 mulai menurun.

"Sekitar 79 persen, angka kesembuhan meningkat dan penyebaran Covid-19 menurun,"cetus Zaini.

Pihaknya berharap, sanksi tersebut juga bisa sedapat mungkin memberikan efek jera kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).(zul)

Apa Reaksi Anda?