SUARA JATIM POST
Banner

Polres Trenggalek Luncurkan Program Sambel Mantap Untuk Penyandang Disabilitas

TRENGGALEK,- Terobosan kreatif diluncurkan Satlantas Polres Trenggalek terhadap warga penyandang disabilitas.

Program tersebut bernama Sambel Mantap melayani difabel tersebut, merupakan layanan khusus yang diberikan oleh jajaran Satlantas bagi warga yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan SIM D.

Program tersebutpun sukses menarik perhatian jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek yang berkenan meninjau langsung proses dan mekanisme pelayanan khusus bagi penyandang difabel ini. Rabu (21/10/20).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, program tersebut untuk mewujudkan pelayanan prima menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Hal itu lanjutnya, membuat jajaran Polres Trenggalek terus menggelar inovasi terbaru dengan memperhatikan efektifitas dan kemudahan pelayanan disamping melengkapi sarana-prasarana sesuai dengan standar pelayanan.

“Sebagai wujud kepedulian, Sambel mantap ini kita persembahkan bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan dan berkebutuhan khusus yang berkeinginan untuk mendapatkan SIM.” Ungkap AKBP Doni.

Sementara itu, Pjs. Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto sangat mengapresiasi jajaran Polres Trenggalek yang tak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Terkait dengan pelayanan khusus bagi difabel, pihaknya sangat mendukung dan turut bangga atas kepedulian Polres Trenggalek terhadap penyandang difabel.

Pihaknya berharap, apa yang telah dilakukan oleh Kepolisian ini dapat ditiru dan menjadi pilot project serta standar baku bagi pelayanan publik lainnya.

“Sangat luar biasa perhatian Polres Trenggalek terhadap saudara kita yang berkebutuhan khusus. Kami sangat mengapresiasi dan berharap bisa dikembangkan lebih baik lagi pada pelayanan publik lainnya.” Ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, menerangkan, bagi masyarakat penyandang difabel yang ingin mendapatkan SIM D melalui Sambel Mantap ini cukup mudah.

Sama halnya seperti pemohon SIM pada umumnya, namun yang membedakan adalah fasilitas dan perlakuan khusus yang diberikan.

“Kami berikan prioritas dan kami siapkan petugas khusus yang akan mendampingi saudara-saudara kita difabel mulai dari proses pendaftaran hingga selesai. Bahkan kita siapkan petugas dan armada untuk menjemput. Seperti motto Sambel Mantap yakni layanan khusus bagi yang berkebutuhan khusus,” pungkasnya. (Tatang)

Apa Reaksi Anda?