SUARA JATIM POST
Banner

Pemkab Bojonegoro Gelontorkan Bantuan ke Petani dan Desa Imbas Pandemi Covid-19

BOJONEGORO - Pemkab Bojonegoro menggelontorkan beragam program bantuan di tengah pandemi Covid-19. Di sektor pertanian misalnya, program padat karya kepada para petani terus digelontorkan guna membantu keberlangsungan petani saat pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Pertanian (Kadispertan) Helmy Elisabeth mengatakan, saat ini program bantuan ke petani melalui program Kartu Petani Mandiri (KPM) yang disalurkan ke 160 kelompok petani. 

"Anggota akan berdaya dan bisa melaksanakan musim tanam, sehingga hal ini dapat menyerap tenaga kerja yang tergabung dalam regu tanam, dimana setiap regu tanam beranggotakan 6 sampai 10 orang. Jadi dengan 160 poktan dapat menyerap sekitar 1.600 tenaga kerja," ujar Helmy, pada Selasa (15/9/2020). 

Selain bantuan bagi petani, Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan rencana bantuan keuangan kepada desa di tahun 2021. Hal ini untuk menciptakan peluang lapangan pekerjaan melalui program padat karya. 

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro Machmudin mengungkapkan, bantuan keuangan desa ini nanti diharapkan dapat membantu perbaikan infrastruktur   belum didanai dari APBDesa. Sebagai dukungan program bantuan keuangan desa, Machmudin telah menyiapkan peraturan bupati (Perbup) terkait Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Desa. 

"Bantuan Keuangan Desa yang dilaksanakan dengan  swakelola tersebut diharapkan  akan membuka lapangan pekerjaan bagi warga Desa setempat," pungkasnya.(Mustakim)

Apa Reaksi Anda?