SUARA JATIM POST
Banner

Isak Tangis Massa di Situbondo Iringi Pembebasan Kades Narapidana

SITUBONDO- Isak tangis warga Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo mewarnai pembebasan bersyarat mantan kades setempat pada Selasa (15/9/2020) siang.

Mantan Kades Sumberejo, Saruji yang bebas dari menjalani hukuman penjara disambut konvoi massanya dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Situbondo, sekitar pukul 10.00 WIB.

Berdasar pantauan suarajatimpost.com, lebih dari seribuan massa mengawal kepulangan Saruji dari lapas yang terletak  timur alun-alun Situbondo. Bahkan dua patwal mengawal di depan massa bersepeda motor.

Saat iring-iringan tiba di depan taman kota Asembagus, sebagian besar massa pendukung Saruji dari Desa Sumberejo ikut bergabung. Perjalanan lebih dari 30 km itu sempat terhenti di lingkungan Ponpes Salafi'iyah Syafi'iyah Sukorejo.

Saruji sempat menemui Nyai Isya'iyah As'ad untuk bersilaturahmi. Selanjutnya dia menuju makam KHR. As'ad Syamsul Arifin untuk berziarah.

Usai berziarah, iring-iringan langsung menuju kediaman Saruji di Dusun Krajan, Desa Sumberejo. Isak tangis mewarnai kedatangan mantan kades tersebut.

Ketum GP SAKERA, Syaiful Bahri menilai bahwa Saruji merupakan kades yang menjadi korban politik dan kriminalisasi.

"Dari awal kami mengawal kasus yang melilit Kades Saruji ada unsur kriminalisasi, sehingga kami sebagai lembaga perlu mengawal    hingga ke tingkat kasasi. Dan akhirnya, hari ini Pak Saruji bebas bersyarat, " ujar Syaiful Bahri.

Sementara itu Saruji mengungkapkan rasa syukur atas pembebasan dirinya.

"Kami sangat terharu atas dukungan masyarakat dan semua pihak. Ternyata inilah petunjuk dari Allah bahwa kebenaran pasti akan terkuak secara jelas. Apa yang menimpa pada kami semoga menjadi jalan yang terbaik untuk menata langkah ke depan," ucap Saruji. (se/zul)

Apa Reaksi Anda?