SUARA JATIM POST
Banner

Satgas Penanganan Covid-19 Probolinggo: Kemampuan yang Bergejala dan Tanpa Gejala Sama Penularannya

PROBOLINGGO, - Orang Positif Covid-19 tanpa gejala, memiliki kadar viral load yang sama dengan pasien positif yang bergejala.

Hal ini dikatakan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica dari hasil penelitian terbaru.

“Viral load adalah jumlah virus yang ada dalam tubuh, viral load dapat menggambarkan kemampuan menularkan virus ke orang lain,” katanya. Rabu, (21/10/20).

Menurut Dewi, diperkirakan 40 % sampai 60 % penularan COVID-19 ke orang sehat ditularkan oleh pasien COVID-19 yang pre simptomatik (belum bergejala, namun kemudian bergejala).

“Penularan dari pasien asimtomatik sama sekali tidak bergejala hingga dinyatakan sembuh) tidak diketahui dengan pasti prosentasenya, namun jumlahnya diperkirakan lebih kecil,” jelasnya.

Kesimpulannya tambah Dewi, kemampuan penularan COVID-19 dari pasien positif tanpa gejala adalah sama dengan kemampuan penularan dari pasien positif yang bergejala.

“Mari kita saling menjaga dengan disiplin penerapan protokol kesehatan 3M. Memakai masker bukan hanya melindungi diri kita sendiri tapi juga melindungi orang lain,” pungkasnya.(Ubaidillah)

Apa Reaksi Anda?