SUARA JATIM POST
Banner

Maraknya Kanker Serviks, PKBI dan BKKBN Jawa Timur Buka Layanan Test di Bondowoso

BONDOWOSO,- Peringati hari Keluarga Nasional ke XXVII, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bondowoso, melalui PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur buka layanan Kesehatan Reproduksi (kespro).

Salah satunya adalah membuka Layanan IVA test dan Pap Smear Gratis yang ditempatkan di Klinik RSNU Bondowoso Jalan KH. As'ad Syamsul Arifin Bondowoso - Situbondo, Desa Traktakan, Kecamatan Wonosari, Bondowoso. (17/10) 

Untung Kuzairi ketua LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama') menjelaskan bahwa diadakannya layanan IVA test dan Pap Smear secara gratis ini bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya ibu-ibu dalam rangka deteksi dini kanker mulut rahim, yang prevalensinya tinggi yang menyebabkan banyak kematian.

"Kegiatan ini sangat mulia, untuk harkat dan martabat kemanusiaan, khususnya bidang pelayanan kesehatan di Bondowoso", ungkap Untung kepada suarajatimpost.com

"kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit dengan kasus kematian tertinggi di indonesia" lanjutnya

Sementara itu Andiono Putra ketua PKBI Bondowoso juga menjelaskan, deteksi dini kanker serviks penting dilakukan, karena jenis kanker tersebut merupakan penyakit dengan kasus kematian tertinggi ke-2 setelah kanker payudara di Indonesia.

"Adanya layanan Iva dan Pap Smear gratis ini merupakan salah satu bukti hadirnya negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kaum ibu. Makanya, kami sangat mengapresiasi program dari BKKBN Jawa Timur yang dikerjasamakan dengan PKBI ini", papar Andiono.

Layanan IVA test dan Pap Smear yang diadakan di RSNU Bondowoso ini diikuti oleh 30 orang. Meraka berasal dari 6 kecamatan berbeda yakni Kecamatan Wonosari, Prajekan, Tapen, Kota, Tegalampel dan Curahdami

Andiono berharap, mereka yang mengikuti pemeriksaan tersebut menjadi awal dari kepedulian masyarakat akan pentingnya upaya deteksi dini kanker serviks. (Guf)

Apa Reaksi Anda?