SUARA JATIM POST
Banner

UMKM Desa Pasrujambe Didorong Manfaatkan Platform Digital Pasarkan Produknya

LUMAJANG – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Pasrujambe terus berupaya dikembangkan dengan platform penjualan digital. Hal ini guna mendongkrak perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga desa.

 

Kepala Desa (Kades) Pasrujambe Sugianto memaparkan, perlu strategi khusus memasarkan guna semakin dikenal. Maka pelaku UMKM ini didorong untuk bergabung di platform digital.

 

"Kami terus dorong untuk UMKM menggunakan platform digital, seperti yang kami lakukan dengan mencoba membantu pemasaran terkait produk-produk UMKM yang dimiliki suatu Desa Pasrujambe melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Semeru Lestari," jelasnya.

 

Maka pihaknya menggandeng pihak ketiga guna memfasilitasi jaringan digital demi memasarkan produk secara online, salah satunya PT Hoki Media Sembilan.

 

Sementara itu Direktur PT Hoki Media Sembilan Hasan menyatakan, bila peran BUMDes strategis dalam memajukan pelaku UMKM. Hal terbukti dalam pengaplikasian penjualan semua produk UMKM yang dijual melalui BUMDes Semeru Lestari.

 

Sejak bulan September 2020 lalu, kata Hasan, pihaknya sudah ada sejumlah unit UMKM dari Desa Pasrujambe yang masuk dalam ekosistem pemasaran jaringan digital PT Hoki Media Sembilan, sehingga konsumen dapat memanfaatkan pembelian dari UMKM langsung namun di bawah manajemen BUMDes Semeru Lestari.

 

"Sejak bulan September hingga sekarang sudah tercapai penambahan lebih dari puluhan unit UMKM yang masuk dalam ekosistem digital jaringan kami," bebernya lagi.

 

Menurutnya, semua BUMDes perlu memanfaatkan momentum ini, agar bisa masuk ke dalam ekosistem jaringan digital PT Hoki Media Sembilan. Hasan berharap dapat menjadi pioner agar BUMDes khususnya yang ada di luar Pulau Jawa untuk masuk ke dalam ekosistem jarigan digital PT Hoki Media Sembilan juga.

 

Hasan bersyukur, bahwa sejumlah unit UMKM yang sudah masuk dalam ekosistem jaringan digital PT Hoki Media Sembilan, sudah mengalami peningkatan penjualan hingga berkali-kali lipat. "Ke depan kami akan menggalang BUMDes lainnya agar menjadi satu kesatuan sinergitas," pungkasnya. (Fuad)

 

Apa Reaksi Anda?