SUARA JATIM POST
Banner

Perumda Tirta Kanjuruhan Bangun Jaringan SPAM di Malang Selatan

MALANG - Perumda Tirta Kanjuruhan menyiapkan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Malang selatan. Proyek ini rencananya akan dimulai pada tahun 2021 hingga ditargetkan selesai dua tahun mendatang. 

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Samsul Hadi, mengatakan pembangunnan SPAM di Malang Selatan ini dibiayai anggaran patungan dari pemerintah pusat, provinsi Jawa Timur, dan APBD Kabupaten Malang. 

"Total anggarannya Rp 600 miliar itu patungan dari dana pemerintah pusat, provinsi Jawa Timur, dan APBD Kabupaten Malang. Nanti kita akan buatkan sistem penganggaran dan eksekutifnya," ujar Samsul saat sosialisasi SPAM di Desa Rejoyoso Bantur, Kamis (17/9/2020). 

Setelah melalui kajian dari Universitas Brawijaya dan Universitas Merdeka Malang, proyek SPAM ini memanfaatkan aliran Sungai Lesti dengan kapasitas 500 liter/ detik. "Harapannya bisa memberi manfaat ke 50 desa di sekitar Malang Selatan," imbuhnya. 

Sementara itu Bupati Malang Sanusi dalam sambutan singkatnya mengatakan, sosialisasi pembangunan SPAM di Malang selatan sebagai bagian rencana pembangunan SPAM yang akan dilaksanakan tahun 2021. Anggarannya pembangunan SPAM menggunakan sistem sharing antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Malang.

"Tanpa bekerjasama mustahil Pembangunan ini akan terlaksana dengan baik, mohon dukungan semua pihak agar rencana ini berjalan dengan lancar demi memajukan Kabupaten Malang serta kesejahteraan Malang selatan dengan ketersediaan air bersih untuk di minum maupun air untuk keperluan yang lain," pungkasnya. 

Apa Reaksi Anda?